Tuesday 19 April 2016

Tips Merawat Perlengkapan Dapur Agar Selalu Bersih


 
Ingin memiliki alat dapur yang terawat? Memiliki alat dapur yang lengkap tentu saja sangat penting dilakukan. Namun ketika Kamu memiliki alat dapur yang lengkap mulailah untuk mengetahui mengenai bagaimana cara membersihkannya. Dengan mengetahui mengenai cara membersihkan alat dapur tersebut akan memberikan kesehatan makanan yang dibuat. Cara membersihkan alat dapur bergantung dengan bahan dan juga jenis alatnya. Dalam membersihkan usahakan menggunakan bahan alami. Dengan membersihkan menggunakan jenis bahan alami akan membantu dalam menghindari efek samping dari pemakaian alat pembersih tersebut. Berikut ini ada beberapa tips merawat perlengkapan dapur agar selalu bersih:

  • Menggunakan sendok kayu
Apabila Kamu memasak mie rebus, air atau pun telur maka tempatkan sendok dari kayu yang berada di atas panci. Tujuannya untuk mencegah air didihkan yang keluar dari panci dan menimbulkan kompor menjadi kotor dan kemasukan air. Kamu bisa mencobanya dengan demikian akan menghilangkan uap panas dan tidak akan mudah tumpah. Sehingga akan membantu dalam menjaga kebersihan alat dapur tersebut.

  • Hilangkan bau pada kotak makanan
Ketika kotak makan atau tempat minum menimbulkan bau menyengat biasanya terjadi karena beberapa penyebab. Beberapa penyebab yang menjadi penyebab bau tidak sedap karena terkena air panas dan juga telat mencucinya ketika kotor. Untuk membersihkannya maka dibutuhkan cara khusus. Kamu bisa menggunakan kertas koran untuk menghilangkan bau pada tempat makan atau minum. Caranya sangat mudah hanya membasahi kertas koran dengan air dan simpan didalamnya selama beberapa hari.

  • Noda minyak pada wadah plastik
Tentu saja Kamu akan sangat kesulitan membersihkan alat dapur apabila berbahan plastik dan terkena noda minyak. Tips merawat perlengkapan dapur tersebut bisa digunakan cara memberikan dua hingga lima sendok air panas ke dalam wadah. Masukkan ke dalamnya perasan jeruk nipis dan diamkan selama lima menit. Bersihkan menggunakan sabun untuk mengangkat noda minyak yang membandel.

  • Membersihkan bak cuci piring
Untuk membersihkan bak cuci piring Kamu dapat menggunakan cuka. Teteskan cuka dalam jumlah yang cukup ke dalam bak cuci piring. Gosok dengan perlahan menggunakan spon yang kasar tanpa menggunakan sabun. Ratakan dan lihat hasilnya tentu saja akan menjadi lebih kesat. Ulangi mencuci dengan menggunakan sabun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan demikian tentu saja bak cuci menjadi bersih dan kesat tanpa noda goresan.

  • Membersihkan blender
Ketika Kamu mengolah makanan dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Tentu saja Kamu akan lebih memilih menggunakan blender dengan alasan cepat dan mudah. Namun tahukah Kamu bahwa noda membandel didalam alas blender sering kali membuat Kamu kesulitan dalam membersihkannya. Tips merawat perlengkapan dapur dengan membersihkan sisa makanan agar tidak mempengaruhi rasa bahan makanan yang di blender berikutnya. Ada baiknya menggunakan tetesan sabun cuci piring dan blender.

No comments:

Post a Comment