Wednesday 13 April 2016

Resep Masakan Modern Asia: Cornish Crab Cakes


Seiring dengan perkembangan zaman, maka semakin banyak pula bermunculan menu masakan-masakan modern yang diciptakan oleh para Koki, tidak jarang menu dan resep tersebut dikembangkan dari resep masakan tradisional. Dengan rasa yang lebih variatif dan penyajian yang lebih modern sehingga meningkatkan nilai dari kuliner tersebut. Berikut adalah resep masakan modern dari Asia yang bernama Cornish crab cake:

Waktu yang dibutuhkan:

·         Persiapan: 30 menit.
·         Memasak: 10 menit.

Bahan Yang dibutuhkan:

·         2 sendok teh dijon mustard,
·         120 gram atau 1/2 mangkuk mayones,
·         1 butir telur,
·         2 bawang merah yang telah dikupas,
·         1 daun lemon,
·         1 sendok teh irisan daun ketumbar,
·         2 sendok teh kumquat rasa lemon,
·         600 gr daging kepiting laba-laba,
·         90 gr atau 1.5 mangkuk panko ( remah roti jepang),
·         50 gr mentega,
·         125 ml atau 1.5 mangkuk minyak sayur.

Untuk dressing:

·         100 ml Cuka hitam china,
·         100 gr gula palem,
·         4 ranting dill.

Untuk salad:

·         1 timun yang dibentuk tipis-tipis panjang.
·         6 buah lobak kecil yang diiris tipis-tipis.
·         10 tangkai ketumbar.
·         10 tangkai dill.
·         1 penyedap rasa lemon.

Cara membuat:

Letakkan mustard mayones dan telur serta saus ikan di dalam sebuah mangkuk besar dan gunakan tangan untuk menggabungkan bahan-bahan tersebut. Aduk bawang merah, jahe dan daun jeruk, ketumbar dan perasa jeruk kemudian dengan lembut bungkus kepiting dan remah roti. Tutuplah dengan plastik dan masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam.

Kemudian selagi menunggu kepiting buatlah dressingnya, letakkan cuka, gula dil dan 100 mj air ke dalam panci saus kecil dan rebus. Tambahkan timun dan lobak kecil kemudian tunggu hingga 30 menit atau hingga terlihat menyerupai acar. Langkah selanjutnya dalam resep masakan modern ini adalah gunakan tangan untuk membagi kepiting menjadi 8 porsi dan bentuklah menjadi makanan yang menarik.

Panaskan sebuah panci penggorengan yang besar dengan panas api medium, kemudian tambahkan setengah mentega dan setengah minyak. Ketika mentega mulai meleleh gorenglah setengah dari kue kepiting tersebut selama 2 hingga 3 menit pada masing-masing sisi atau hingga warnanya berubah keemasan dan crispy. Lalu keringkan di paper towel, bersihkan panci dan ulangi hal yang sama dengan mentega minyak serta porsi kue kepiting yang tersisa.

Untuk penyajiannya, keringkan terlebih dahulu asinan timun dan lobak kecil dari dressing dan letakkan dalam sebuah mangkuk. Tambahkan tangkai dill dan ketumbar serta atur dengan lembut. Letakkan kue kepiting pada piring penyajian kemudian di bagian atas dari masing-masing piring taburi dengan salad.

Demikianlah info mengenai resep masakan modern Asia, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang masakan-masakan modern di dunia.

No comments:

Post a Comment