Friday 15 April 2016

Tips Menyimpan Buah yang Baik


Buah-buahan memang menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh manusia, kaya akan vitamin serat dan dipercaya dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit dan anti kanker. Hal ini menjadikan konsumsi buah-buahan menjadi sesuatu yang penting bagi tubuh manusia, terutama buah yang segar. Tak jarang kita temukan buah yang telah kita simpan ternyata membusuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi, sehingga uang yang kita keluarkan untuk membeli buah tersebut hilang dengan percuma, berikut adalah tips menyimpan buah agar tahan lama dan tetap segar saat disantap:

  • Untuk buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry dll, sebelum disimpan campurkanlah terlebih dahulu dengan cuka dan air dengan komposisi 1:3. Zat disinfektan yang ada dalam cuka akan melawan jamur sehingga akan memperpanjang kesegaran buah-buahan hingga berminggu-minggu. Kemudian basuhlah dengan air dan keringkan.
  • Untuk buah alpukat Anda butuh perlakuan khusus, karena alpukat mengandung enzim yang menghasilkan pigmen cokelat hal ini yang menyebabkan buah alpukat akan cepat terlihat coklat dan tidak mengenakkan untuk dimakan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka semprotkan dengan jeruk lemon. Zat asam yang ada pada jeruk lemon akan membantu mencegah warna kecoklatan hingga beberapa hari. Anda juga bisa menyimpan alpukat dengan irisan bawang merah, karena gas yang dikeluarkan oleh bawang merah dan berperan dalam membuat mata kepanasan dan menangis juga bermanfaat untuk mencegah oksidasi pada buah alpukat. Selagi bawang merah hanya menyentuh kulit dari buah alpukat maka tidak akan ada perubahan rasa pada buah tersebut.
  • Tips menyimpan buah lainnya adalah buah lemon, jika Anda menginginkan semprotan air jeruk untuk resep minuman, makanan dan lain-lain, maka cara yang baik adalah dengan menusuk buah lemon tersebut dengan garpu hal ini lebih efektif dibanding memotong lemon menjadi dua bagian. Dengan menusuk dengan garpu maka Anda bisa menggunakan air jeruk sesuai dengan yang Anda butuhkan tanpa harus membuat seluruh buah lemon kering.
  • Potongan buah apel bisa dijadikan snack yang lezat dan sekaligus menyehatkan, namun apel akan cepat mengalami perubahan warna menjadi cokelat sehingga buah yang tersisa menjadi terbuang begitu saja. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan campurkanlah potongan-potongan buah apel yang tersisa tersebut dengan air garam untuk mencegah proses oksidasi (tapi jangan lebih dari setengah sendok teh garam, jika berlebih maka akan mempengaruhi rasa dari buah apel) setelah lima menit, kemudian keringkan dan simpan potongan buah tersebut ke dalam kulkas didalam sebuah tas plastik.

Berikut adalah tips menyimpan buah agar lebih tahan lama dan tetap segar, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment